Kiat Mencapai Keberuntungan

Islam memerintahkan manusia untuk bekerja dan berusaha memperoleh karunia Allah di muka bumi ini, sesuai dengan firman Allah SWT dalam surat Al-Jumu’ah ayat 10:

“Apabila telah ditunaikan shalat, maka bertebaranlah kamu di muka bumi; dan carilah karunia Allah dan ingatlah Allah banyak-banyak supaya kamu beruntung”.

Ayat diatas menjelaskan kepada kita tentang kita-kiat untuk mencapai keberuntungan yakni dengan melakukan tiga kiat berikut:

  • mendirikan shalat yang merupakan media komunikasi antara hamba dan Sang Khalik yang merupakan sumber dari segala rahmat dan karunia
  • bekerja atau berusaha yang merupakan sarana dari memperoleh karunia tersebut
  • selalu ingat kepada Allah SWT (dzikrullah) yang merupakan upaya pengontrol diri agar selalu dalam aturan atau tata nilai / kaidah yang telah ditentukan oleh Allah SWT.

Pada kenyataanya pada sa’at ini kita malah melupakan kiat-kiat yang telah digariskan Allah SWT ini, kita justru lupa akan shalat ketika sedang asyik-asyiknya mencari harta. Dan bahkan kita tidak menghiraukan aturan yang telah ditetapkan dalam berusaha., maunya gampang dan menghasilkan keuntungan yang banyak dan menghiraukan garis batas halal dan haram yang ditetapkan Allah SWT.

Semoga dengan ini kita dapat lebih introspeksi diri kita, hingga segala yang harta yang kita dapatkan hendaklah dari usaha dan cara yang halal sebagaimana digariskan oleh Allah swt. Nafkah yang kita berikan kepada keluarga pun hendaknya yang halal, hingga segala nafkah yang dimakan dan menjadi darah dan daging dalam tubuh kita sekeluarga tidak menjadi hijab bagi kedekatan kita kepada Allah Sang Pencipta.

One thought on “Kiat Mencapai Keberuntungan

Silahkan Beri Kesan dan Komentar Anda disini

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s